BLUD

SMK Negeri 1 Tanjungpandan merupakan salah satu SMK di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diberi kepercayaan untuk mendirikan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), sesuai dengan Keputusan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor : 188.44/121/DISDIK/2020, Tanggal 25 Februari 2020.

Saat ini BLUD SMK Negeri 1 Tanjungpandan memiliki berbagai macam layanan usaha yang mengakomodir setiap program yang ada di sekolah, diharapkan dengan adanya BLUD ini setiap siswa bisa melakukan praktik langsung yang sesuai dengan programnya masing-masing, sehingga permasalahan yang sering timbul tentang sulitnya siswa untuk dapat praktik langsung yang sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum bisa terselesaikan.

Selain sebagai tempat praktik siswa, BLUD juga diharapkan bisa menghasilkan profit untuk sekolah. Khususnya untuk sekolah-sekolah yang berorientasi ke bisnis dan Manajemen, sehingga teori tentang pengelolaan bisnis dan manajemen yang sehat dalam sebuah usaha bisa dibuktikan oleh pihak sekolah dalam BLUD ini.

Ada beberapa jenis usaha yang dikembangkan dalam pelaksanaan BLUD ini, untuk program Bisnis Daring dan Pemasaran bidang usaha yang dikembangkan yaitu terbentuknya supermarket mini “Rukam Mart” yang berorientasi pada penjualan produk-produk yang menjadi kebutuhan warga sekolah. Sedangkan untuk program Akuntansi Keuangan dan Lembaga mereka bertugas untuk mencatat setiap transaksi keuangan yang ada. Untuk program Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran difokuskan ke usaha penjualan kalender, kartu nama, cetak undangan dan lain sebagainya. Sedangkan untuk program Teknik Komputer dan Informatika bergerak untuk kegiatan instalasi sistem operasi, perbaikan /servis pc, instalasi LAN. Selain itu BLUD ini juga menyediakan penyewaan ruang aula dan ruang multimedia yang bisa digunakan untuk pentas seni dan teater.

Diharapkan kedepannya BLUD ini bisa berkembang pesat dan bisa menjadi tempat praktik siswa yang kondusif dan representatif sehingga semboyan SMK Bisa SMK Hebat benar-benar bisa menjadi kenyataan saat alumni SMK negeri 1 Tanjungpandan bisa terserap di dunia kerja.