Siswi SMK Negeri 1 Tanjungpandan Berhasil Meraih Juara 2 Pada Lomba Mendongeng Kampung Halaman Di Provinsi Kepulauan Riau

Oktaviani peserta didik kelas 11 AK3 SMK Negeri 1 Tanjungpandan, berhasil berprestasi dengan meraih juara 2 pada lomba mendongeng kampung halaman yang digelar oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Kepulauan Riau. Lomba mendongeng ini dilaksanakan secara daring dengan mengirimkan video mendongeng dan ringkasan dongeng. Lomba ini mulai dibuka pendaftarannya mulai tanggal 15 Juli hingga 15 Agustus 2021 dan diikuti oleh 77 siswa yang terdiri dari 33 siswa SMP dan 45 siswa SMA dari wilayah kerja BPNB Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala BPNB Provinsi Kepulauan Riau, Toto Sucipto, mengatakan bahwa keberadaan dongeng kini kian memudar dari kehidupan sehari-hari ditelan kemajuan teknologi informasi. Dengan adanya Lomba Mendongeng Kampung Halaman ini, diharapkan generasi dapat mengenali budaya, menumbuhkan kepedulian dan turut aktif dalam pelestariaannya, sesuai dengan semboyan BPNB Provinsi Kepulauan Riau: “Kenali budayamu, cintai negerimu”.

Iqbal H. Sputra selaku pembimbing dari Octaviani mengatakan bahwa Kesenian menjadi salah satu hal penting kehadirannya dalam mengedukasi peserta didik untuk proses pembelajaran di sekolah. Sesuai fungsinya, salah satunya adalah fungsi pendidikan. SMK Negeri 1 Tanjungpandan terus berusaha meyakini hal tersebut dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para peserta didik dalam edukasi ekstrakulikuler, tanpa mengabaikan intrakurikulernya. Selamat buat Oktaviani yang turut menegaskan apa yang diyakini SMK dalam hal edukasi seni-seni edukasi. Semoga hal ini menginspirasi kita semua, bagi peserta didik SMK Negeri 1 Tanjungpandan, maupun sekolah-sekolah lainnya.

Kepala SMK Negeri 1 Tanjungpandan, Ibu Erliana, S.Pd, Ekop mengungkapkan bahwa beliau sangat bersyukur dengan prestasi yang diraih oleh Octaviani, beliau berharap prestasi ini diikuti oleh peserta didik lainnya di SMK Negeri 1 Tanjungpandan.