Peserta Didik Kelas 12 SMKN 1 Tanjungpandan Mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK) 2021

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK.

Kegiatan UKK ini berlangsung selama 5 hari, yang dimulai dari hari Senin 5 April 2021 hingga hari Jum’at 9 April 2021, dengan total peserta 303 orang peserta didik yang mengikuti kegiatan UKK ini,yang terdiri dari 36 orang dari Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan, 36 orang dari Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak, 99 orang dari Program Studi Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL), 70 Orang dari Program Studi Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, dan 62 orang dari Program Studi Bisinis Daring dan Pemasaran.

Setiap Program Studi memiliki karakter pengujiannya masing-masing yang berhubungan dengan pemahaman materi, pengujian keterampilan siswa dalam pengaplikasian dari pengetahuan yang telah didapat selama proses pembelajaran di sekolah, hingga sikap yang ditunjukkan selama mengikuti, mengerjakan dan menyelesaikan semua project yang telah ditentukan dalam pelaksanaan UKK tersebut.

Kepala SMKN 1 tanjungpandan, Ibu Erliana, S.Pd, Ekop dalam sambutannya menyampaikan bahwa UKK dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi, dan/atau perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Tempat-tempat uji kompetensi. Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK harus dinyatakan layak sebagai tempat uji kompetensi oleh koordinator Ujian Nasional Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi. Sebagaimana tahun sebelumnya, nilai UKK akan diperhitungkan sebagai Nilai Ujian Sekolah untuk mata pelajaran kompetensi kejuruan. Beliau berharap kegiatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh peserta didik, sehingga begitu mereka lulus dari sekolah maka target untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja dan terampil, bisa terlaksana.