SMKN 1 Tanjungpandan Melakukan Penyelarasan Kurikulum Dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA)

Dalam rangka menyelenggarakan sistem pembelajaran dengan sistem kurikulum yang berbasis industri, maka SMKN 1 Tanjungpandan mengundang 20 kelompok IDUKA untuk hadir di sekolah dalam kegiatan Workshop Penyusunan Kurikulum SMK Berbasis IDUKA. Kegiatan yang diselenggarakan pada Hari Rabu Tanggal 17 Maret 2021 yang bertempat di Ruang Laboratorium Pemasaran tersebut dibuka langsung oleh Ibu Erliana SPd, Ekop sebagai Kepala SMK Negeri 1 Tanjungpandan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini terlaksana karena adanya tuntunan bahwa pihak sekolah harus bisa menghasilkan lulusan yang siap pakai dan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan tersebut harus sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pihak Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA). Selain itu hasil dari kegiatan ini diharapkan bisa mendukung SMKN 1 Tanjungpandan dalam mengajukan diri sebagai sekolah yang mengembangkan Center Of Excellence (COE) atau sekolah sebagai pusat keunggulan yang diharapkan dapat menghasilkan generasi muda usia produktif yang memiliki kompetensi berbasis pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang selaras dengan kebutuhan IDUKA.

Total ada 20 IDUKA yang diundang dalam kegiatan tersebut, masing-masing program memiliki rekanan 4 IDUKA. Kehadiran dari IDUKA ini merupakan bagian yang sangat penting dalam perkembangan pendidikan SMK, dari kegiatan ini diharapkan masukan yang sangat berarti bagi pihak sekolah dalam menentukan arah pembelajaran untuk masa-masa yang akan datang.

Diharapkan dengan kegiatan ini target sekolah untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja dan terampil bisa tercapai, dan SMKN 1 Tanjungpandan terus maju dan berkembang sebagai sekolah kejuruan yang berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.